Monday 30 March 2015

Pengertian dan Bagian Teknologi Informasi





1. Pengertian Teknologi Informasi ialah Ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis.

2. Istilah komputer diambil dari bahasa latin “Computare” yang berarti   menghitung (to compute).
   Menurut Donald H. Sanders, Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi instruksi program yang tersimpan di memori (stored program)
     Menurut Larry Long dan Nancy Long: Komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat menterjemahkan (interpret) dan mengeksekusi perintah-perintah yang terprogram sebagai input, output, perhitungan, dan operasi logika, secara teknikal sangat komplek tetapi secara konsep cukup sederhana.
       Menurut G. Burch Jr dan Fellix R Stater berpendapat bahwa Komputer adalah serangkaian ataupun     sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan atau jutaan komponen yang saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti yang digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program.



3.   Piranti Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.



Piranti Keluaran ( Output Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk menampilkan data dari hasil proses pengolahan data dari dalam komputer, unit keluaran yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah printer, monitor, speaker, sound card, video card.

4.   Perangkat Lunak (software

Adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

Perangkat Lunak (software) merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan  yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang  dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

Secara umum, perangkat lunak (software) dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Sistem Operasi, Bahasa Pemrograman dan Perangkat Lunak Aplikasi.


5.   Program Aplikasi
Program yang digunakan khusus untuk tujuan tertentu atau Program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik
PC Software Characteristics
*             User-friendly
*             Easy
*             Intuitive
*             Minimum training and documentation needed to use
*             Software Types Packaged or Commercial
*             Sold in stores, catalogs, or downloadable from the WWW
*             Purchased from software publishers
*             Must be installed
*             Standard or custom installation
*             The setup process copies some of all of the software to the hard disk
*             May require the CD-ROM to be in the drive to run

Pembagian Program Aplikasi
*        Word Processing (Pengolah kata)‏
*        Spreadsheet (Pengolah angka)‏
*        Presentasi
*        Database (Pengolah data)‏
*        Design Grafis (Pengolah Gambar)‏
*        CAD (Computer Aid Design)‏
*        Multimedia
*        Internet Browser
 

0 comments:

Post a Comment