Saturday 14 February 2015

Sejarah Dinasti Umayyah I

Sejarah Kekhalifahan Dinasti Umayyah


Kekhalifahan Umayyah (bahasa Arab:. الخلافة الأموية, diterjemahkan Al-Ḫilāfa al-'umawiyya) adalah kekhalifahan Islam terkenal kedua yang didirikan setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW. Kekhalifahan Dinasti Umayyah (bahasa Arab: الأمويون, al-'Umawiyyūn, atau بنو أمية, Banu'Umayya, "Putra dari Umayyah"), berpusat dari generasi  yang berasal dari Mekkah. Keluarga Bani Umayyah yang pertama kali berkuasa adalah di bawah kepemimpinan Khalifah ketiga pada masa Khulafaurrasyidin yaitu Khalifah Utsman bin Affan (644-656) M, tetapi rezim Umayyah didirikan oleh Muawiyah bin Abi Sufyan, gubernur lama dari Suriah, setelah berakhirnya Perang Saudara Muslim Pertama pada 661 M 41 H. Syiria tetap merupakan basis kekuasaan utama Dinasti Umayyah, dan Damaskus adalah ibu kota mereka. Bani Umayyah melanjutkan penaklukan wilayah Muslim, menggabungkan Kaukasus, Transoxiana, Sindh, Maghribi dan Semenanjung Iberia (Al-Andalusia) menjadi negara Muslim. Memiliki batas wilayah yang terbesar, Kekhalifahan Umayyah tercakup 5.790.000 mil persegi (15.000.000 km2), dari kerajaan terbesar kelima di dunia dari wilayah kerajaan yang telah ada sebelumnya.
Peta wilayah kekuasaan Dinasti Umayyah

Pada saat itu, dinasti Umayyah mengembangkan bidang perpajakan dan praktek administrasi yang dianggap tidak adil oleh sebagian Muslim. Sementara masyarakat non-Muslim memiliki otonomi, masalah peradilan mereka ditangani sesuai dengan hukum mereka sendiri dan oleh kepala agama mereka sendiri atau ditunjuk mereka. Mereka membayar pajak untuk ketertiban kepada pemerintah pusat. Nabi Muhammad SAW telah menyatakan secara eksplisit selama hidupnya bahwa setiap agama minoritas harus diizinkan untuk mempraktikkan agama sendiri dan mengatur sendiri, dan kebijakan itu berlaku terhadap seluruh umat dan harus berkelanjutan. kesejahteraan bagi Muslim dan orang miskin non-Muslim dilindung oleh Negara dimulai dan  dilanjutkan pada masa pemerintahan Umar bin Abdul Aziz. Istri Muawiyah di Maysum (ibu Yazid) juga seorang Kristen. Hubungan antara Muslim dan Kristen dalam keadaan yang baik. Bani Umayyah sering terlibat dalam pertempuran dengan orang Kristen dari Bizantium namun tetap peduli dalam melindungi  mereka walaupun mereka kelompok kecil di wilayah Suriah, dan membesarkan wilahah muslim suriah yang sebagian besar beragama Kristen pada banyak bagian wilayah lain dari kekaisaran. Posisi penting dipegang oleh orang-orang Kristen, beberapa di antaranya milik keluarga yang pernah bertugas di pemerintahan Bizantium. Mempekerjakan orang-orang Kristen adalah bagian dari kebijakan yang lebih luas dalam toleransi beragama yang diharuskan oleh kehadiran penduduk Kristiani dalam sebagian besar di provinsi ditaklukkan, terutama di Suriah. Kebijakan ini juga mendorong popularitasnya dan mengukuhkan Syiria sebagai pusat kekuasaannya.

Persaingan antara suku-suku Arab telah menyebabkan kerusuhan di provinsi di luar Syiria, terutama dalam Perang Saudara Muslim Kedua 680-692 M. dan Berber Pemberontakan dari 740-743 M. Selama Perang Saudara Kedua, kepemimpinan klan Umayyah bergeser dari cabang Sufyanid keluarga ke cabang Marwanid. Seperti kampanye tetap kehabisan sumber daya dan tenaga kerja dari negara, Bani Umayyah, dilemahkan oleh Perang Saudara Muslim Ketiga 744-747 M, akhirnya digulingkan oleh Revolusi Abbasiyah pada 750 M 132 H. Salah satu cabang dari keluarga melarikan diri di Afrika Utara sampai Al-Andalusia, di mana mereka mendirikan kekhalifahan Córdoba, yang berlangsung sampai 1031 sebelum akhirnya jatuh disebabkan oleh Fitnah al-Andalusia.

0 comments:

Post a Comment