Tuesday 12 December 2023

Mengenal Matahari

Mengenal  apa itu Matahari


Matahari kita adalah bintang yang terletak di pusat tata surya kita. Ini adalah besar, bola gas panas berputar serta memiliki reaksi nuklir yang menyala dan memberikan kita dengan panasnya pada Bumi. Besarnya matahari mutlak (panas hakikinya) adalah +4,83. Jenis bintang adalah G (bintang yang menyerap garis logam yang kuat dalam spektrum). Orang-orang Yunani menyebut Matahari "Helios", sedangkan orang  Romawi menyebutnya "Sol."


Berapa jauh jarak Matahari?

Matahari merupakan Planet Orbital Diagram dengan Label aphelion (titik terjauh di orbit) dan perihelion (titik terdekat di orbit) dari planet di orbit. Matahari kita merupakan sebuah bintang kuning yang berukuran sedang, berjarak  93.026.724 mil (149.680.000 km atau 1 Unit Astronomi) dari Bumi. Bumi paling dekat dengan Matahari  sekitar 2 Januari setiap tahun (91.400.000 mil = 147.100.000 km) ini disebut perihelion, sedangkan jarak terjauh dari Matahari adalah sekitar 2 Juli setiap tahun (94.800.000 mil = 152.600.000 km) ini disebut aphelion.



Suhu Matahari

Inti Matahari bisa mencapai 10-22,5 juts ° F. Suhu permukaan sekitar 9.900 ° F (5.500 ° C). Atmosfir luar Matahari (yang dapat kita lihat selama gerhana matahari) akan sangat panas lagi, hingga 1,5-2 juta derajat. Di pusat bintik matahari besar suhu dapat serendah 7300 ° F (4300 K, 4000 ° C). Suhu Matahari ditentukan dengan mengukur berapa banyak energi (baik panas dan cahaya) yang dipancarkan.


Susunan Matahri

Matahari terdiri dari sekitar 2 x 1.030 kilogram gas. Hal ini terdiri dari sekitar 75% hidrogen dan 25% helium. Sekitar 0,1% adalah logam (terbuat dari hidrogen melalui fusi nuklir). Rasio ini berubah dari waktu ke waktu (sangat lambat), sebagai reaksi nuklir berkelanjutan, mengubah atom yang lebih kecil ke yang lebih besar. Sejak Matahari terbentuk,  4,5 miliar tahun yang lalu, sudah digunakan sekitar setengah dari pasokan hidrogen awal.

Matahari adalah bintang generasi kedua atau ketiga. Bintang generasi kedua tidak hanya membakar hidrogen, mereka juga membakar elemen yang lebih berat, seperti helium dan logam (unsur yang lebih berat daripada hidrogen dan helium), dan terbentuk dari ledakan supernova (sisa reruntuhan ledakan populasi bintang II).

Unsur helium dinamai setelah Matahari (disebut "Helios" dalam bahasa Yunani) karena pertama kali ditemukan pada Matahari Helium berlimpah pada Matahari tapi jarang di Bumi. Unsur helium ditemukan oleh Jules Janssen selama gerhana matahari total tahun 1868 ketika dia mendeteksi sebuah garis baru di spektrum penyerapan matahari; Norman Lockyer mengusulkan nama helium. Komposisi Matahari dipelajari menggunakan spektroskopi di mana cahaya tampak (spektrum) dari Matahari dipelajari.

Produksi Tenaga Nuklir

Di bagian inti Matahari, fusi nuklir menghasilkan sejumlah besar energi, melalui proses konversi inti hidrogen menjadi inti helium (fusi nuklir).

Meskipun keluaran tenaga nuklir matahari tidak sepenuhnya konsisten, setiap detik Matahari mengkonversi sekitar 600.000.000 ton inti hidrogen menjadi inti helium. Reaksi fusi ini mengkonversi bagian dari massa atom '(sekitar 4 juta ton) menjadi energi, dan melepaskan sejumlah besar panas ini dan energi cahaya ke dalam tata surya. Dalam reaksi fusi ini, Matahari kehilangan 4 juta ton massa setiap detik. Matahari akan kehabisan bahan bakar di sekitar 5 miliar (5000000000) tahun. Ketika ini terjadi, Matahari akan meledak menjadi nebula planet, shell raksasa gas yang akan menghancurkan planet-planet di tata surya (termasuk Bumi).

Usia Matahari

Matahari terbentuk 4,5 miliar tahun yang lalu, sebagai sistem surya dari awan gas dan debu yang bersatu.

Studi tentang Matahari

Para astronom mempelajari Matahari menggunakan instrumen khusus. Para ilmuwan menganalisis bagaimana dan mengapa jumlah cahaya dari Matahari bervariasi dari waktu ke waktu, efek cahaya matahari pada iklim bumi, garis spektrum, medan magnet Matahari, angin surya, dan banyak fenomena surya lain. Daerah-daerah luar matahari (korona) yang dipelajari selama gerhana matahari.

PERNAH MELIHAT LANGSUNG DI MATAHARI! Melihat matahari dapat membutakan Anda atau menyebabkan katarak.

EKSPLORASI SOLAR

Ulysses pesawat ruang angkasa, misi gabungan dari European Space Agency (ESA) dan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA), diluncurkan dari pesawat ulang-alik pada Oktober 1990 untuk mengeksplorasi matahari. Ini telah mempelajari magnet matahari, tonjolan matahari dan coronal mass ejections (mengorbit selama kutub selatan Matahari pada tahun 1994 dan lebih dari kutub utara pada tahun 1995), dan akan menyelesaikan orbit matahari kedua di bulan Desember 2001.

0 comments:

Post a Comment