Friday 13 March 2015

Biografi Mu’awiyah bin Abu Sufyan

Biografi Mu’awiyah bin Abu Sufyan

Pada tahun 602 M pada masa Jahiliyah lahir dengan nama lengkap Mu’awiyah bin Abu Sufyan bin Harb bin Umayyah bin Abdi Syam bin Manaf. Sebagai anak dari Abu Sufyan dan Hindun binti Utbah, beliau adalah termasuk kalangan bangsawan Quraisy, beliau juga memiliki kekerabatan dengan Nabi Muhammad Saw dari kakek buyutnya yaitu Abdul Manaf.

Pada tahun 7 H atau 629 M Mu’awiyah bin Abu Sufyan menganut agama Islam yang dilatar belakangi oleh peristiwa penaklukan kota Mekkah oleh kaum Muslim, dimana karena posisi terdesak maka bersama para tokoh Quraisy lainnya masuk Islam.

Pada tahun 632M b eliau diangkat sebagai panglima pasukan angkatan perang pada masa Khulafa Rasyidin yang waktu itu menjabat sebagai Khalifah adalah Utsman bin Affan, yang juga memiliki kekerabatan dengan beliau. Beliau juga yang menggagas berdirinya angkatan laut pada masa itu. Walaupun termasuk terlambat dalam memeluk Islam namun Mu’awiyah bin Abu Sufyan memiliki banyak prestasi, ini di dorong oleh ambisi dan jiwa bersaing yang sangat kuat termasuk dengan pamannya Hasyim, beliau juga adalah kaum bangsawan yang kaya raya dan memiliki pengaruh penting di masyarakat. Dengan banyak kelebihan itulah maka beliau dipercaya untuk menjadi tokoh pemimpin Islam yang cukup penting.

Tahun 41 H atau 661 M Mu’awiyah bin Abu Sufyan mendirikan sebuah dinasti yang dikenal dengan Dinasti Umayyah, pada awalnya pusat pemerintahan Islam di wilayah Madinah, namun berdasarkan strategi politik dan pengalaman yang panjang beliau memindahkan pusat pemerintahan ke Damaskus di wilayah Syiria atau Suriah. Ini untuk memudahkan pengaturan sistem pemerintahan.


0 comments:

Post a Comment