Wednesday 23 October 2013

Jazirah Arab

Jazirah Arab menurut hasil konvensi ahli sejarah yang memulai berdasar wilayah dengan geografi. Yang sebagian berdasar dari film –film sejarah dengan latar belakang geografis, "determinasi geografi" dan sebagian lagi dikenal karena faktor  geopolitik.

Jazirah Arab bukan hanya sebagai sebuah negara selain geografi, iklim, dan kondisi lainnya bersatu untuk membentuk pengaruh bagi generasi-generasi yang telah ada, membentuk karakter individu dan bangsa dan memberikan peran penting dalam membentuk sejarah mereka.


Jazirah Arab adalah tempat lahirnya Islam. Islam adalah "lahir" di dalamnya, dan "dibesarkan" di dalamnya, dan sudah "lengkap tumbuh" ketika keluar dari itu. Di kota-kota Arab diantaranya Makkah dan Madinah identitas Islam klasik berkembang, dan Islam sebenarnya "kental." Sebuah pemahaman tentang geografi Jazirah Arab, karena itu, perlu untuk memahami pergeseran sejarahnya.

Berikut ini adalah sinopsis dari geografi jazirah Arab:
Gurun Pasir
Jazirah Arab, seperti daerah lain, memiliki jenis medan yang berat dan mengubah mereka yang tinggal di dalamnya dan bergerak melalui itu. Merupakan tanah tandus dan tidak ramah, keras, namun menonjolan sebagai penghasil minyak terbesar, menjadi tantangan yang berkelanjutan untuk kelangsungan hidup bagi perkembangan akal manusia. Kelangsungan hidup di dalamnya bergantung pada kemampuannya untuk berdamai dengan hal itu.

Berlawanan dengan pandangan populer, Jazirah Arab tidak semua adalah gurun pasir. Ini memiliki cukup beragam konfigurasi permukaannya, fitur yang menonjol adalah gurun pasir yang panas sekali, pegunungan lembayung muda, ngaray sempit bergerigi, puncak mengerikan pengaruhi langit yang bertembaga, batu gembur, dataran rendah yang keras, bentuk geometris dan kerucut menakjubkan dalam tebing, bukit pasir terus berubah dan oasis pada gurun pasir, fatamorgana dari danau, sungai dan kebun.

Meskipun sebagian besar dari permukaan gurun yang tandus dan terpencil, Jazirah Arab memiliki banyak bagian yang sangat indah. Memiliki pemandangan khas, berirama, sering timbul, sulit dipahami dan menyesatkan kecantikan - keindahan pasir bertekstur, yang seperti ombak laut, selamanya bergerak.

Keindahan ini bahkan lebih cepat berlalu dari ingatan daripada keindahan pola pakis dan bulu di es, dan bahkan lebih singkat dari pada perias salju yang baru saja-jatuh. Riak pasir memperpanjang sejauh cakrawala dan seterusnya, dalam dunia keheningan dan kekosongan. Matahari membuat skala terang di atas pasir, dan angin membuat aneh, surealistik, dan "futuristik" pola di dalamnya hanya untuk melenyapkan mereka beberapa saat kemudian.

Jadi angin terus menciptakan, menghancurkan dan menciptakan keindahan. Dan keindahan ini, dalam semua perumpamaan yang tak terbatas, lahir memerah terlihat di udara padang pasir, dan untuk musnah dan lenyap tanpa tanda jasa. Dalam luasnya pasir, lanskap terus berubah dan dengan mengasumsikan bentuk selamanya baru dan lebih fantastis, dan menjaga teratur "bergerak" dari satu tempat ke tempat lain. Pasir dapat menumpuk menjadi bukit pasir yang besar yang dapat meningkat lebih dari 150 meter di atas batuan dasar.

Tergantung pada arah dan kekuatan angin, bukit pasir mengasumsikan berbagai bentuk seperti bulan sabit yang spektakuler atau daerah paralel panjang atau besar-besaran piramida besar yang dapat disebut gunung pasir.

Dalam badai pasir yang bisa berlangsung selama beberapa hari, matahari, bulan, bintang-bintang, kontur pemandangan dan cakrawala semua dilenyapkan, dan kolom yang menjulang tinggi dari perputaran debu yang gila, berkedip bayangan nyata atas permukaan gurun yang bergolak.

Di musim panas, matahari tegak lurus menghasilkan angin puyuh panas yang menghanguskan lahan seolah-olah dengan obor, dan gurun menjadi gabungan dari dua elemen - panas dan pasir. Kadang-kadang badai debu diikuti oleh mandi cepat yang olahraga "gandapelangi" - pelangi penuh sisipan dengan yang lebih kecil. Jadi kengerian dan keindahan baik sesuai dengan yang aneh ke dalam "siklus kehidupan" padang pasir.

Namun melalui semua itu dan selamanya, gurun tetap jauh, diam, menyeramkan, kejam, terlarang dan tangguh, dan tetap luar biasa dalam kesepian yang luas dan mengagumkan. Beberapa orang percaya bahwa gurun memiliki perenungan sendiri "penuh rahasia" yang sangat mempengaruhi manusia. Itu adalah hal yang melatar belakangi orang Arab - putra gurun - dimainkan kehidupannya.

Jazirah Arab adalah semenanjung terbesar di dunia, tetapi orang-orang Arab sendiri menyebutnya Jazirat-ul-Arab (Pulau Jazirah Arab), yang dalam pengertian ini. Dibatasi di timur oleh Teluk Persia, di sebelah selatan berbatasan dengan Laut Arab, dan di sebelah barat dengan Laut Merah, dibatasi di utara dengan besar "pasir laut" dari gurun Suriah.
Secara garis besar, Jazirah Arab adalah berbentuk segi empat dengan luas 1,2 juta km persegi. Laut Merah pesisir dari Teluk Aqaba di utara ke Bab-el-Mendeb di selatan, adalah 1200 mil panjangnya, dan jarak dari Bab-el-Mendeb di barat ke Ras-el-Hadd di timur adalah kira-kira sama.

Pada konfigurasi, Jazirah Arab adalah dataran tinggi yang luas naik perlahan dari timur ke barat. Kecuali untuk Yaman dan lembah diselingi di pegunungan barat, seluruh negara berpasir atau berbatu, dan kering dan tandus.

Berikut ini adalah divisi politik jazirah Arab (1992):
1. Kerajaan Arab Jazirah Arab
2. Republik Yaman
3. Kesultanan Oman
4. Uni Emirat Arab
5. Negara Qatar
6. Negara Bahrain
7. Negara Kuwait




Berikut ini adalah deskripsi singkat dari masing-masing tujuh satuan politik:

1.    Kerajaan Arab Jazirah Arab

Kerajaan Arab Jazirah Arab menyumbang 850.000 mil persegi dari jazirah Arab. Populasinya diperkirakan mencapai sepuluh juta, dan modal adalah Riyadh.
Di "bahari" provinsi Kerajaan adalah Hijaz dan Aseer di Laut Merah. Dataran pantai sempit Tihama membentang paralel menuju Laut Merah.

Kota-kota kembar Makkah dan Madinah berada di provinsi Hijaz. Hijaz, karena itu, adalah tanah suci Islam. Populasi Hijaz diperkirakan dua juta, dan daerah adalah 135.000 mil persegi. Kota-kota lain dan kota-kota di Hijaz adalah Jeddah, pelabuhan Makkah, dan pusat komersial utama negara, Yenbo, pelabuhan Madinah, Thaif, sebuah stasiun bukit di selatan-timur dari Makkah, dan ibukota musim panas kerajaan , Khyber, Tabuk dan Tayma.

Di "Desain yang hebat" Islam disempurnakan di Hijaz, dan sejarah kelahiran dan pertumbuhan terikat dengan provinsi ini yang membuatnya merupakan pusat dunia Muslim.

Aseer adalah Jalur yang relatif subur dataran pantai dan pegunungan di selatan-barat, utara Yaman, dengan beberapa puncak naik setinggi 10.000 kaki, dan curah hujan yang memadai untuk memungkinkan pertanian bertingkat. Yang terkenal stasiun bukit Abha dan penyelesaian pertanian penting Jizan berada di Aseer. Jizan adalah port untuk Aseer.

Najd adalah dataran tinggi pusat Jazirah Arab dengan ketinggian rata-rata 3000 meter. Fitur yang dominan dari topografi adalah sistem gunung yang disebut Tuwayq. Riyadh, ibukota kerajaan, berada di Najd. Oasis Buraydah dan Hayil berada di bagian utara Najd.

Al-Hasa atau Provinsi Timur adalah di Teluk Persia. Semua minyak dan gas kerajaan ditemukan di provinsi ini. Hal ini juga memiliki penting oasis ofHofuf dan Qatif. Pusat-pusat komersial terkemuka provinsi adalah Al-Khobar dan kota pelabuhan Dammam. Kota-kota penting lainnya adalah Dhahran dan Ras Tanura.

Di Ruba'-al-Khali (Kosong bagian) di selatan adalah lembaga berkesinambungan terbesar pasir di dunia, dan meliputi area seluas 250.000 mil persegi. Untuk orang-orang Arab, yang dikenal hanya sebagai "Ar-Ramal" (pasir). Ini adalah gurun hampir tak bernyawa, dan merupakan salah satu daerah yang paling terisolasi dan terpencil dari dunia.

An-Nufud di utara semenanjung adalah gurun terbesar kedua di Jazirah Arab. Ini adalah 30.000 mil persegi di daerah.

2. Republik Yaman

Republik Yaman adalah di selatan dan selatan-barat dari semenanjung Arab, dengan populasi 11 juta dan seluas 190,000 mil persegi. Itu adalah satu-satunya bagian dari semenanjung yang menerima musim hujan, sehingga bagian yang paling subur dan padat penduduknya daerah. Gunung tertinggi Jazirah Arab, An-Nabi Sho'aib, adalah di Yaman, dan mencapai ketinggian 12.350 kaki.

Sana'ais ibu kota dan kota terbesar di negara ini. Itu adalah pada ketinggian 7200 kaki, dan terkenal karena iklim yang menyehatkan. Aden adalah ibukota komersial. Al-Mocha, Al-Hodaydah, Ta'izz, dan Mukalla adalah kota-kota lain. Sayun dan Shibam adalah kota-kota yang terkenal dengan gedung pencakar langit mereka.

3. Kesultanan Oman

Kesultanan Oman menempati sudut selatan-timur dari semenanjung Arab dan terdiri dari daerah Oman dan Dhofar. Kota ini memiliki populasi sebesar satu juta dan seluas 90.000 mil persegi. Muscat adalah ibukota dan Matrah adalah kota terbesar.

4. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab terdiri dari tujuh negara dari Abu Dhabi, Dubai, Ajman, Sharjah, Fujairah, Ras el-Khaimah, Umm el-dan Quiwain. Mereka menambahkan hingga total 32.000 mil persegi, dan jumlah penduduk 500.000. Ibukota Perhimpunan adalah Abu Dhabi yang juga merupakan kota terbesar dan paling penting dari Emirates.


5. Negara Qatar

Qatar memiliki luas 4250 km persegi dan jumlah penduduk 200.000. Ibukotanya adalah Doha. Qatar memiliki populasi terkecil dari setiap negara Arab.

6. Negara Bahrain

Bahrain adalah sekelompok 30 pulau, dengan luas total 240 mil persegi, dan jumlah penduduk 300.000. Manama, ibukota, adalah di Pulau Bahrain, dan Muharraq adalah kota terbesar kedua di gugusan pulau.


7. Negara Kuwait

Kuwait adalah 6200 mil persegi di daerah, dan memiliki populasi 1,5 juta. Kuwait City adalah ibukota.

Jazirah Arab Iklim

Meskipun garis balik utara melewati pusat dari Jazirah Arab, tanah tidak tropis. Musim panas yang panjang dan sangat panas, dengan suhu naik setinggi 130 derajat Fahrenheit di banyak tempat. Musim dingin yang pendek dan dingin. Curah hujan minim, rata-rata empat inci per tahun. Sudut selatan-baratNamun demikian, mendapat curah hujan yang relatif tinggi, sebanyak dua puluh inci.


Jazirah Arab Tumbuh-tumbuhan

Tumbuhan Padang Pasir

Vegetasi umumnya sangat jarang karena kurangnya hujan dan karena kandungan garam yang tinggi dari tanah. Kenyataan pepohonan langka, dan semak-semak adalah umum. Semua tanaman harus menyesuaikan diri dengan kondisi keberadaan gurun.

Di kurma tumbuh di mana pun ada air. Jenis pohon dibudidayakan yang paling penting di seluruh semenanjung. Saat ini buah merupakan kebutuhan pokok orang Arab, dan pohon itu menyediakan kayu yang bernilai dan produk samping lainnya. Tamariska dan akasia pohon yang juga ditemukan di banyak bagian negara.

Sereal utama Jazirah Arab adalah gandum, barley, gandum, jagung dan padian. Kopi tumbuh di Yaman, dan kapas tumbuh, dalam jumlah yang bervariasi, di Yaman dan Oman. Buah mangga telah berhasil dibudidayakan di oasis Al-Hasa provinsi Arab Jazirah Arab, dan kelapa tumbuh di Oman. Seperti "hutan" seperti Jazirah Arab telah, adalah kelompok beberapa juniper di dataran tinggi Yaman.
Ekologi dari Jazirah Arab Komponen yang paling penting dari ekologi jazirah Arab adalah air. Keberadaannya atau tidak adanya telah membentuk sejarahnya untuk sebagian besar. Pemukim tertarik ke lokasi Makkah di Hijaz oleh adanya musim semi ditemukan oleh Hajra, istri Ibrahim dan ibu dari Ismail, dan disebut oleh dia sebagai Zamzam. Tertanggung oleh ketersediaan air asam di semua musim, mereka membangun kota Mekah di sekitarnya.

Hidrosfer daerah terdiri dari sumur, hujan lebat dan lampu kilat-banjir. Seluruh daerah ini tanpa sungai dan sungai dengan pengecualian dari Hajar panjang enam puluh mil di Republik Yaman. Tetapi bahkan ini bukan aliran abadi, melainkan menjadi aliran hanya ketika hujan lebat jatuh cekungan.

Faktor baru dan kompleks sangat penting geopolitik yang luar biasa adalah adanya waduk besar minyak di jazirah Arab. Pada tahun 1900 seluruh semenanjung sangat yg penduduknya jarang, dan tandus, kemiskinan melanda dan terisolasi. Itu salah satu dari beberapa wilayah di dunia hampir tak tersentuh oleh pengaruh Barat.

Kemudian datang minyak dan segalanya berubah. Arab Jazirah Arab menjual konsesi pertamanya pada tahun 1923, dan produksi sumur pertama dibor pada tahun 1938. Dalam beberapa tahun, pendapatan tahunan dari minyak bumi melebihi $ 1 juta. Kerajaan melewati tanda $ 1 miliar dalam 1970; angka $ 100 miliar tahun 1980.

Kontur Jazirah Arab

Kehidupan di Arab Jazirah Arab dan di produksi sheikdoms minyak lainnya di Teluk Persia ditransformasikan oleh efek dari kekayaan baru - kekayaan spektakuler, perkembangan ekonomi yang pesat, kedatangan tenaga kerja asing, pengaruh internasional - mungkin lebih radikal daripada kehidupan telah berubah di mana saja lain setiap saat dalam pengalaman manusia.

Kekayaan minyak mengubah wajah tanah di berbagai bagian Arab Jazirah Arab dan Teluk sheikdoms. Ini telah memungkinkan untuk meminta teknologi modern untuk menarik air dari kedalaman besar atau untuk mengubah air laut melalui desalinasi, dan untuk membawa tanah tandus ditanami dengan menggunakannya untuk irigasi.

Reklamasi lahan untuk pertanian juga mengalami perubahan karakter demografis semenanjung. Suku nomaden adalah akar mencolok di pemukiman permanen dimanapun ketersediaan air terjamin. Teknik yang paling canggih yang diterapkan dalam upaya untuk mengontrol gerakan pasir dan menjinakkan lingkungan yang tidak bersahabat.

Binatang yang paling penting di Arab adalah unta. Seribu Satu unta adalah berbagai tunggal berpunuk, atau dromedaris, seperti terhadap unta berpunuk dua dari Asia Tengah, Baktria tersebut. Unta berponok satu tersebut memiliki datar, luas, kuku terbelah bersol tebal yang tidak tenggelam dalam pasir, dan bisa menempuh jarak jauh di padang gurun.

Susu unta merupakan bagian penting dari diet orang Arab padang pasir, dan bulu unta digunakan oleh mereka untuk membuat tenda mereka. Unta, karena itu, sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup di padang pasir.

Tapi luar biasa dan sangat, unta telah hampir menghilang dari Arab Jazirah Arab dan semua sheikdoms dari Teluk Persia. William J. Polk menulis dalam bukunya, Melewati Berani, diterbitkan oleh Alfred A. Knopf, New York, pada tahun 1973:

"Tak lama sebelum kematiannya pada tahun 1960, besar Inggris gurun penjelajah, St John Philby, meramalkan bahwa dalam waktu tiga puluh tahun Jazirah Arab akan memiliki unta. Dia tertawa di kemudian tapi hari ini tampaknya ramalan itu mungkin telah terlalu murah hati. Unta dan parasit nya, pengembara, telah hampir menghilang dari Jazirah Arab.

Dengan demikian era yang dimulai sekitar 3000 tahun yang lalu dengan penjinakan unta, akan berakhir. Unta telah memainkan peran utama dalam kebangkitan peradaban.

Diesel truk, kereta api, dan pesawat jet telah mengambil tempat unta dan karavan unta. Kebanyakan orang Arab sekarang bepergian dengan mobil atau melalui udara. Unta dan kafilah unta telah menjadi "ketinggalan zaman" di Jazirah Arab.

0 comments:

Post a Comment